Ternyata jawaban itu, menjadi PNS


26 Maret 2019 pukul 21.10
Baca tulisan yg di sharing terakhir, tentang ldr sama anak dan alas an nikah cepet. Nah udh bilang kalau mau sharing proses cpns 2018. Baru bbrp minggu kemarin di lantik jadi pns nih. Pelayan rakyat nan abdi Negara. Alhamdulillah, banyak” bersyukur sama Alloh. Ini tuh hadiah, bukan Cuma buat saya, banyak yg ikut merasakan bahagianya, terutama orang-orang penting di hidup saya.

Di tulisan sebelumnya, saya kuliah karena dibantu sama orang yg dulunya bukan siapa-siapa, kenal aja ya sesaat sblm kuliah. Selalu berdoa semoga beliau sekeluarga selalu sehat, rezeki yg dilipat gandakan dan selalu diberi kemudahan krn sudah bantu saya. Dan kalau saya ga salah, beliau tuh pernah bahas tentang profesi dosen gitu, mau ada rencana kuliah lagi ga. Saya ga nyangka kalau Alloh kabulkan itu. Huhuhu suka nangis kalau  inget tuh. Meski formasi cpns nya belum jadi dosen, ada beberapa tahapan yg perlu dilalui, semoga lancar. Aamiin. Dan saya juga belum kuliah S2. Target tahun ini, berjuaaaang ga ada yg ga mungkin jika Alloh berkehendak. PERCAYALAH !

Jujur, saya tuh selama 2 tahun setelah lulus, merasa terpuruk gitu loh. Saya yg dulu bermimpi, yaaa setelah wisuda tuh kerja, berkarir. Tapi ternyata takdirnya saya nikah dan langsung punya anak lalu dg ujian” yg Alloh kasih selama 2 tahun itu, saya jadi lebih emosional. Yaaa, terlebih kondisi diluar saya dan suami yg ga nyaman, sampe sekarang tentang saudaranya. Saya lelah dan anggap dia ada ga ada hahaha.

Suami ngobrol tentang ada lowongan kerja di kantor X, lalu saya buatlah surat lamaran lengkap, yang baru saya tau itu ga dikirim ke kantor X tsb karena suami GA RIDO saya kerja disana, dia bilang surat lamaran saya masih ada di kantornya, dan saya baru tau sekarang, 2019 padahal itu lamaran dibuat 2017. Gemes ga sih? Pantesan ga ada panggilan apa gitu, saya merasa cukup kompeten.
Saya yang pas kuliah di fully funded dibantu sama perseorangan, lulus cumlaude tapi langsung nikah dan ga kerja. Tekanannya berlipat-lipat. Apalagi keluarga yang seolah “bully” saya yang cumlaude tapi ga kerja. Kaaaaaaaaan saya makin tertekan. Cuma bisa cerita sama suami dan mengadu sama Alloh aja.

Suami bilang “mi, coba cpns aja ya, kaya temen-temen ayah, murni”. dan Alloh berkehendak saya yang lolos.

Banyak temen” yang nanya tips n triksnya, buku dll. Saya tekankan ini tuh karena rido suami dan banyak yg doain, doa pas saya terdzolimi juga hahaha. Karena pas saya belajar, waktunya rebutan sama anak yg udh mulai aktif, buka buku, dia juga ikutan. Pas dia tidur, saya buka buku eh ga lama ikutan tidur, duh banyak aja tantangannya tuh. Setiap pergi buat seleksi, selalu rombongan bawa mertua pernah bawa mama juga, itu berkahnya kali yaa tapi “ngabringnya” itu loh, biasanya mama atau keluarga tuh saya taunya suudah mencapai sesuatu dan minta doa. Jarang banget mereka ikut prosesnya.

Tahapan pertama itu seleksi online di sscn.go.id, suami bilang harus cepet daftar karena nanti web nya sulit dibuka karena banyak yg akses soalnya saya pas bbrp hari buka pendaftaran cpns, selow gitu nah pas dia bilang itu baru deh. Secara dia pengalaman ikut cpns n bumn tp blm lolos aja. Daftar nya jam 11 malem, masih inget itu saya lagi kesel sama suami, sekarang dipikir-pikir untunng ga salah input data, kalau salah aja ,udah bhay! Ga ada revisi. Tahap ini banyak yang lolos tapi tetap harus fokus.

Tahap kedua seleksi administrasi, mulai lah tuh rombongan di bawa ke bandung, dengan sedikit drama legalisir yang harus terbaru, ada perubahan kebijakan gitu. Saya minta langsung jadi dan itu ga mudah, harus nunggu berapa orang dulu buat legalisir baru di tandatangan ke pejabat. Duh lama, saya butuh cepet, anak saya nunggu dan dia masih asi. Akhirnya saya temui langsung tuh pejabatnya, dosen saya kuliah, saya merasa dulu kuliah ga aneh” jadi cukup dimudahkan sama dosen kalau ada perlu gitu. Udah selesai seleksi administrasi, langsung pulang lagi.

Tahap ketiga Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ke Bandung lagi, sama rombongan lagi haha. Begitu udah tes, langsung keliatan hasilnya, masih inget ketemu bapak panitia pas selesai dia nanya skor, saya jawab lah, dia bilang wah besar, lolos itu, selamat ya. Meski pas diliat nasional ga gede” banget tapi yaaa lolos diatas passing grade. Lalu di ranking lah, saya posisi ke 2 di formasi untuk di satker bandung. Alhamdulillah, langkah demi langkah sudah dilewati.

Tahap terakhir Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ini tahapan paling pasrah. Pertama kami tes psikotest gitu, lama dari stgh 8 sampe jam 12, saya pas mau duhur udah kepikiran anak aja, khawatir nangis, itu waktu paling lama ga ketemu anak karena biasanya ngintil terus. Setelah ishoma, ga ada waktu buat temuin anak, untungnya dia sholehah sekali, ga nangis yang gimana, padahal dia blm bisa pake dot. Saya jadi yang pertama wawancara dan micro teaching, degdegan tapi bersyukur juga jjadi lebih cepet selesai. Setelah itu tes wawancara sama pejabat di satker, saya tuh sampe sekarang masih inget jawaban” saya yg nyeleneh ituuu. Dan selalu inget kalau ketemu bapaknya di kantor, maluuu haha. Tahap terakhir itu micro teaching, sama pejabat juga, inget gimana jawaban dan tingkah saya. Dari sana saya murung, dieem aja di mobil waktu pulang tuh. Udah pasrah sepasrah pasrahnya dengan hasilnya karena jawaban saya pas SKB kok gitu amat :’(.

Lalu pengumuman yang lolos tuh diundur, ya biasa dari awal tahapan juga ada yg diundur” gitunya kok hahaha. Tiap hari buka website tapi belum ada jawaban sampai suatu malam bilang ke suami “ay. Apapun hasilnya, seandainya mia ga lolos gapapa yaa, ini kan baru pertama kali nyoba” dan dia juga bilang gapapa. Lalu pas besoknya, saya buka website, nama saya jadi list pertama dengan nilai tertinggi yang otomatis lolos cpns. Ga percaya, lalu ngeliat anak, siap” ditinggalin, kasih tau suami, dia ngucapin selamat lalu pergi kerja. Iyaaa, kaya ga ada apa” gitu. Tapi begitu mama n kaka saya tau, mereka langsung nangis, begitu saya temui mama langsung juga mama nangis ga nyangka gitu. Iya anaknya yang masih kaya bocah tapi udah punya bayi lolos cpns, ga terprediksi karena ya kaka saya guru udah 8 tahun tapi belum lolos sementara dia yang menggaungkan cpns. Mama bilang gini “gening mama teh ga salah ngadidik anak” berpikiran begitu karena bapak udah meninggal dan tanggung jawabnya jadi sama mama semua. Alhamdulillah itu tangis bahagia. Saya buat mama nangis karena mama bangga. Semoga selanjutnya begitu yaa, mama nangis jgn pernah karena saya buat mama terluka.

Yaa cpns ini jawaban Alloh, terlepas dari segala hal yang saya mulai ketahui 1 tahun ini, pns ini jadi jawaban Alloh terhadap takdir saya bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. usaha, doa dan tawakal. 


Komentar

Postingan Populer